Tips dan Cara Merawat Baju Rajut

gambar cara merawat baju rajut

gambar cara merawat baju rajut

Tips mencuci pakaian rajut – Busana rajutan (cardigan) bisa membuat penampilan kamu lebih gaya dan pastinya nyaman, apalagi disaat udara dingin. Namun, hal ini memerlukan perhatian khusus dan perawatan untuk memaksimalkan usia pemakaian pakaian rajutan kamu.

Bahan rajut merupakan bahan yang lebih mendapat perhatian khusus dibandingkan dengan bahan biasa. Jika kita memiliki koleksi busana dari bahan rajut, maka kita harus meluangkan waktu untuk merawatnya.

Bila ada satu helai saja benang yang putus, hal ini dapat merembet ke seluruh rajutan. Cara mencuci yang salah juga dapat membuat busana rajut menjadi melar atau menciut dari ukuran semula.

Bahan rajut biasanya terbuat dari bahan wool yang cocok bila dikenakan ketika hawa dingin. Busana rajut mempunyai bahan yang tebal seperti selimut sehingga terasa hangat.

Selain sebagai baju hangat, busana rajut juga dapat tampil modis dalam berbagai gaya. Kini, ada bahan rajut yang terbuat dari katun sehingga nyaman dipakai untuk sehari-hari karena dapat menyerap keringat.

Saat membeli busana rajut, disarankan untuk memilih yang telah di-washing garment yaitu yang sudah dicuci terlebih dahulu di perusahaan pembuatnya. Bila membeli yang belum dicuci kemudian dicuci sendiri, maka bahan akan berubah bentuk. Yang tadinya berukuran “XL”, setelah dicuci dapat turun satu ukuran menjadi “L”.

Busana rajut yang telah dicuci mempunyai tanda-tanda yaitu benangnya lebih lembut serta katunnya sudah keluar. Sedangkan tanda untuk busana rajut yang belum dicuci yaitu biasanya tekstur benangnya kasar dan berpori lebih renggang.

Nah, berikut ini adalah cara mencuci dan merawat busana rajut kesayangan anda dengan baik dan benar agar awet :

  • Busana rajut sebaiknya dimasukkan ke alat pengering setelah dicuci. Hal ini dikarenakan busana rajut sangat mudah dalam menyerap air. Setelah itu, busana rajut cukup diangin-anginkan saja.
  • Jangan menggantung busana rajut yang masih basah karena cara seperti ini dapat merusak bentuk busana yakni ukuran bahu menjadi turun.
  • Busana rajut yang diperas dengan tangan memerlukan waktu yang lama untuk menjadi kering. Hal ini membuat pakaian menjadi lembab. Tetesan air juga dapat memengaruhi panjang rajutan yaitu menjadi melar.
  • Hindari menjemur busana rajut di bawah sinar panas matahari karena akan mengubah warna bahan rajut.
  • Busana rajut boleh disetrika asalkan dengan suhu yang tidak terlalu panas.
  • Bila ada benang rajutan yang lepas, jangan ditarik atau digunting karena akan membuat benang yang lepas menjadi semakin panjang.. Selipkan saja benang tersebut mengikuti jelujur sebelumnya menggunakan jarum jahit.

Demikianlah informasi mengenai tips seputar pencucian dan perawatan busana rajut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membuat awet busana rajut kamu.

Tips dan Cara Merawat Baju Rajut