Setelan Lomba untuk Burung Pleci

perawatan burung pleci untuk lomba

perawatan burung pleci untuk lomba

Tingkat kesulitan dalam melakukan setelan jelang lomba lebih sering dialami para plecimania yang sedang mengorbitkan gaconya, meski hanya sekadar event latberan. Sudah berbagai upaya dicoba, namun burung sama sekali tidak mau nampil.

Bahkan tidak sedikit plecimania yang membeli gacor sudah jadi, yang harganya jauh di atas rata-rata, dengan harapan bisa memenangi sebuah kejuaraan. Celakanya, pleci mahal pun belum tentu nampil di tangan majikan baru. Terkadang nampil di salah satu event, namun gagal nampil di beberapa event berikutnya.

Untuk perawatan harian, bisa memberi voer ukuran kecil atau mini pelet. Tambahan pakan baru diberikan pada Minggu, berupa pisang.Setiap hari, dia biasa menyendirikan pleci yang biasa dilombakan. Boleh jadi, ini sedikit berbeda dari pengalaman sebagian plecimania lainnya yang justru menyediakan burung sejenis sebagai kawan, meski posisi penggantangan diatur agak jauh.

Jika mau dilombakan, maka pada hari Sabtu pleci ditempel dengan burung betina. Bagaimana cara menempelnya? Pleci betina boleh saja dimasukkan ke sangkar pleci jantan yang bisasa dilombakan. Tetapi, bisa juga burung jantan dan burung betina berada dalam sangkar masing-masing, namun posisinya didekatkan (mirip proses penjodohan burung. Pleci lomba dicas burung betina hingga Minggu pagi. Jadi sebelum berlomba, pleci betina dipisahkan dari pleci jantan yang mau dilombakan.

Kebiasaan lain yang bisa diterapkan adalah memberikan sedikit kroto dan pepaya menjelang lomba. Dengan setelan seperti ini, burung menjadi fight dan rajin berkicau saat bertemu lawan-lawannya.

Dari cara yang dilakukan kedua plecimania tersebut, bisa diambil kesimpulan tidak pernah ada yang namanya setelan baku untuk burung pleci, terutama pleci lomba. Anda bisa mencoba berbagai cara sampai akhirnya nanti ketemu setelan yang tepat.

Rasanya sudah menjadi rahasia umum dikalangan pleci mania, jika burung Pleci untuk lomba pasti diberi minuman pendongkrak stamina supaya burung lebih gacor dan fit jika dibawa ke perlombaan. Namun yang perlu diingat, minuman ini hanya untuk burung yang siap lomba dan sudah jadi dan tidak untuk burung bakalan.

Bahan Minuman Pleci Lomba :

  • Minuman energy Vit Water rasa Strawberry.
  • Minyak jangkrik.
  • Obat burung Metabolis.
  • Obat burung Cristal.
  • Booster 220 Volt.

Cara Meracik Minuman Pleci Lomba :

  • Panaskan minuman Vitamin Water, panaskan saja jangan sampai mendidih, kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Beri tetesan Metabolis sebanyak 15 s/d 17 tetes, minyak Jangkrik 5-8 tetes kemudian diblender kira-kira 1 menit.
  • Kemudian tambahkan lagi Cristal 10 tetes, Booster 10 tetes dan lanjut dengan memblendernya kembali kira-kira 1-2 menitan.
  • Jika minuman Pleci dirasa sudah dingin, minuman bisa diberikan pada burung. Sisa minuman dapat disimpan di tempat yang kering dengan suhu ruang saja, minuman dapat digunakan hingga 3 s/d 4 minggu.
  • Dosis Dan Aturan Pakai
  • Jangan jadikan racikan minuman tersebut sebagai minuman harian, berikan hanya H-3 lomba sampai dengan hari H lomba pada cepuk kecil.
  • Pada hari H lomba, berikan juga buah mentimun sebagai penurun birahi burung agar tidak terlalu tinggi birahinya.
  • Sebagai penetralisir efek doping, berikan minuman larutan penyegar panas dalam tanpa rasa.

Setelan Lomba untuk Burung Pleci

apakah lidah pleci harus di potong, cara membuat burung pleci supaya figt saat ketemu lawan, cara memgatasi pleci mengembung saat lomba