Jenis dan Gambar Burung Parkit Australia

Parkit Australia

Parkit Australia

Jenis dan Gambar Burung Parkit Australia – Disebut parkit australia karena burung ini memang berasal dari Australia. Karena penampilan fisiknya yang cantik, dan terutama kepandaiannya, parkit australia akhirnya berkembang luas ke berbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia. Masyarakat  Inggris sudah mengenal parkit australia sejak tahun 1800-an. Adapun masyarakat Amerika Serikat mengenalnya pada tahun 1910, dan langsung popular hingga sekarang.

WARNA ABU-ABU ADALAH WARNA ALAMI DARI BURUNG COCKATIEL

Di alam bebas, cockatiel sebenarnya berwarna abu-abu. Setelah mulai ditangkarkan, muncul warna-warna baru hasil mutasi warna melalui perkawinan silang. Sebagaimana lovebird, mutasi warna juga menghasilkan cockatiel albino, lutino, pearl, cinnamon, pied, dan sebagainya.

Cinnamon
Warna ini diyakini berasal dari Belgia, yang penangkar-penangkarnya dikenal jago dalam mutasi warna pada lovebird dan gould amadine. Cinnamon memiliki beberapa varian lagi, seperti pied cinnamon, pearl cinnamon, dan primrose pearl cinnamon.

Dominant silver
Warna dominant silver atau warna keperakan dikembangbiakan di Inggris sekitar tahun 1979. Burung jantan memiliki warna lebih gelap, meski ada juga beberapa individu burung betina memiliki warna lebih gelap daripada betina pada umumnya.

Lutino
Cockatiel lutino memiliki warna kekuningan. Kaki dan matanya merah. Ekornya juga lebih kekuningan dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Albino
Warna ini terjadi dari perkawinan pasangan yang berwarna lutino berwajah putih. Cockatiel albino tidak memiliki pigmen warna, sehingga wajahnya tidak memiliki warna sebagaimana jenis lainnya. Sedangkan perubahan mata albino menjadi merah dikembangbiakan di Jerman tahun 1960-an.

Pied
Cockatiel ini bisa memiliki warna yang berbeda pada bulu yang sama. Sangat sulit membedakan jenis kelamin mereka dengan melihat warnanya. Karena itu, para penangkar hanya membedakannya dari suara yang dikeluarkan.

Pied cockatiel ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu:
a) pearl pied (warna akan terlihat pada kepala dan leher mereka yang lebih kekuningan)
b) primrose pied (cockatiel dengan warna kekuningan)
c) cinnamon pied (cockatiel dengan warna cinnamon)
d) white-faced pied (cockatiel dengan wajah putih tanpa warna).

White-faced
Sesuai dengan namanya, bagian wajah berwarna putih. Warna ini dikembangkan di Belanda sekitar tahun 1969 -1978, kemudian dibawa ke Jerman dan Inggris .

Pearl
Warna ini dikembangkan di Jerman sekitar tahun 1967.

Jenis dan Gambar Burung Parkit Australia

foto parkit australia terbaru, parkit jerman