Cir jalak suren malaysia yang asli

Jalak suren malaysia

Jalak suren malaysia

Jalak suren malaysia – Jalak Suren yang di kenal masyarakat Indonesia kebanyakan berasal dari daerah lokal, dan kerap dikenal dengan sebutan jalak suren lokal seperti jawa meskipun burung tersebut asalnya dari daerah lain. Selain jalak suren lokal di pasaran juga beredar burung jalak suren lainnya yang hampir mirip dengan jalak suren lokal yaitu Jalak suren Malaysia.

Perbedaan Jalak suren malaysia dengan Jalan suren lokal/jawa

Untuk membedakan Jalak Suren Lokal dan Jalak Suren Malaysia hanya ada 2 bagian saja, yaitu:

  •  Warna Bulu pada atas kelapa
  • Warna paruh pada pangkal paruhnya

Ciri-ciri Jalak Suren Lokal/ Jalak Suren Jawa:

  • Warna bulu pada atas kepala 100% hitam pekat dan klimis
  • Warna paruhnya 100% putih gading dari pangkal hingga ujung paruhnya (ini yang tidak bisa untuk dibohongi) kalau masih muda kadang ada bintik/corak hitam atau coklat muda.

Ciri-ciri Jalak Suren Malaysia:

  • Warna bulu pada atas kepala berwarna putih (corak garis putih yang rapat)
  • Warna pangkal paruhnya bercorak orange/merah

Ciri sekunder dari keduanya adalah:

  • Jalak Suren Malaysia mayoritas liar jika dibandingkan dengan Jalak Suren Jawa dikarenakan Jalak Suren Malaysia hasil tangkapan muda hutan
  • Jalak Suren Malaysia dominan membawakan lagu asli Jalak Suren yang ngerol dan Jalak Suren Jawa masih bisa variasi suara lainnya … Jalak Suren Jawa cenderung bisa untuk dimaster.

Jalak suren malaysia

Kemiripan diantara keduanya kerap dijadikan sebagai bahan penipuan oleh pedagang burung yang tidak jujur. dikarenakan harga pasaran burung Jalak Suren Malaysia yang sangat jauh berbeda dengan pasaran jalak suren lokal  tentu hal ini membuat pedagang burung berusaha mencari untung dengan menyemir warna pada bagian putih dari bagian kepala burung jalak suren malaysia menjadi hitam seperti halnya burung jalak suren lokal. akan tetapi jika kita lebih jeli tentu akan bisa melihat perbedaan dan ciri ciri khusus seperti yang telah disebutkan diatas yaitu burung jalak suren malaysia yang pada pangkal paruhnya berwarna orange/merah, satu hal ini yang tidak dapat ditutup-tutupi oleh pedagang burung.

Selain itu burung jalak suren malaysia lebih dominan bersifat dan berkarakter giras , tidak akan bisa jinak kecuali jinak lalat. hal ini dikarenakan burung jalak suren malaysia yang kebanyakan di pasaran adalah hasil tangkapan hutan/ muda hutan dibanding burung jalak suren lokal yang kebanyakan adalah hasil tangkaran.

Demikian artikel mengenai jalak suren malaysia. Semoga bermanfaat

Cir jalak suren malaysia yang asli