Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Penyebabnya

Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Penyebabnya

Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Penyebabnya

Memang sangat menyebalkan mempunyai wajah yang berminyak. Disaat kita melakukan aktifitas walaupun itu sedikit pasti wajah akan dipenuhi minyak dan membua tawajah kita kusam. Selain itu juga bisa mengurangi penampilan diri kita dan kadang juga dapat membuat kita tidak percaya diri. Saat kita mulai tumbuh dewasa, disitulah wajah kita akan mulai berminyak. Banyak faktor yang menyebabkan wajah kita berminyak. Agar wajah tidak berminyak maka perlu dilakukan perawatan dan salah satunya menggunakan bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat wajah berminyak.

Berikut ini faktor-faktor penyebab wajah berminyak :

  • Faktor perubahan hormon.
    Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.
  • Faktor genetik.
    Faktor genetika merupakan faktor keturunan sangatlah mempengaruhi fisik dan sifat anaknya, jadi jika salah satu orang tua Anda memiliki masalah wajah berminyak berarti Anda juga cenderung mengalami masalah tersebut. Jadi wajah berminyak dapat terjadi dari faktor keturunan.
  • Faktor pola hidup.
    Pola hidup yang tidak sehat tentu akan berefek langsung pada kesehatan fisik Anda, salah satunya adalah membuat wajah menjadi kusam dan juga berminyak. Jadi Anda harus menghindari pola hidup yang tidak sehat agar wajah Anda menjadi mulus dan sehat.
  • Faktor pola makan.
    Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi ataupun sangat bersantan sehingga dapat meningkatkan kadar minyak didalam tubuh Anda.
  • Faktor kosmetik.
    Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga bisa memicu produksi minyak berlebih.
  • Faktor pergantian musim.
    Meningkatnya suhu dan kelembapan bisa membuat produksi minyak meningkat.
  • Faktor obat-obatan.
    Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut.
  • Faktor stres.
    Sebagai bentuk respon terhadap stres, tubuh menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah tampak berkilau karena minyak tersebut.
  • Faktor alat kecantikan.
    Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.
  • Faktor tanning.
    Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.
  • Faktor kesalahan produk.
    Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya.

Berikut tips Cara merawat wajah berminyak dengan menggunakan bahan alami :

  • Menggunakan Lemon untuk masker agar wajah tidak mudah berminyak.
    Lemon mengandung Vitamin C yang dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan mengurangi noda bekas jerawat. Cara membuat masker dari lemon adalah dengan memerasnya, kemudian tambahkan madu, lalu aplikasikan ke wajah dan leher Anda. Untuk hasil yang maksimal, dampingi dengan meminum air lemon hangat yang ditambah madu untuk membersihkan kulit dari dalam.
  • Menggunakan Apel untuk masker agar wajah tidak mudah berminyak.
    Apel mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit. Selain itu, apel juga mengandung elastin dan kolagen. Kedua zat tersebut dapat membuat kulit tetap muda. Blender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar, lalu aplikasikan pada wajah Anda. Kulit Anda pun akan nampak semakin cerah dan tampak muda.
  • Menggunakan Pepaya untuk masker agar wajah tidak mudah berminyak.
    Sama seperti apel, papaya juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Papaya juga mengandung zat yang bernama papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit semakin cerah. Caranya yaitu dengan menghaluskan papaya kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan leher Anda.
  • Menggunakan Mangga untuk masker agar wajah tidak mudah berminyak.
    Mangga bukan hanya buah yang enak rasanya, tapi juga banyak manfaatnya. Sama halnya dengan beberapa buah lain, mangga juga mengandung Vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi kulit serta mengencangkan kulit.
  • Menggunakan Pisang untuk masker agar wajah tidak mudah berminyak.
    Selain dapat dikonsumsi untuk mengurangi kram saat haid, pisang juga mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara membuat masker dari pisang adalah haluskan pisang, lalu aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya.
  • Sering-sering Mencuci Muka Agar Wajah tidak mudah Berminyak
    Biasakan untuk mencuci wajah disela-sela aktifitas Anda atau waktu istirahat Anda. Gunakan sabun khusus untuk mencuci wajah berminyak, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun Anda bekerja didalam ruangan ber-AC.

Demikian penyebab dan tips cara merawat wajah yang berminyak secara alami dan semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai masalah dengan wajah berminyak.

Cara Merawat Wajah Berminyak Dan Penyebabnya

cara merawat buli buli, membersihkan wajah dengan sunlight, manfaat sunlight untuk wajah, menghilangkan jerawat dengan sunlight, daun mangga bercabang