Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat

Telinga

Telinga

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh dan menjadi indra pendengar. Telinga juga mudah sekali menjadi kotor dan merupakan bagian daerah yang sangat sensitif maka kebersihan telinga harus selalu dijaga. untuk membersihkan telinga harus dengan hati-hati dan secara lembut. Jangan membersihkan telinga dengan kasar karena akibatnya sangat fatal. Untuk itu mari kita intip cara merawat telinga dengan benar agar tetap sehat.

Cara membersihkan telinga sebaiknya setelah mandi agar kotoran yang menempel pada telinga menjadi lunak dantidak keras. Siapkan cutton bud, baby oil, semangkok air hangat dan seutas kain yang lembut.

1. Bagian Dalam
Untuk di bagian dalam gunakan cutton bud yang diolesi baby oil agar cutton budnya menjadi lebih lembut. Ulirkan kedalam telinga dengan pelan dan lembutĀ  secara merata. Jangan mengulirnya dengan kasar karena dapat melukai dan menyebabkan infeksi. Saat memasukkan cutton bud jangan terlalu dalam karena bisa mengenai kendang telinga dan dapat berakibat fatal. Ganti cutton bud jika sudah kotor. Lakukan berulang-ulang dengan cutton bud yang sering diganti hingga telinga bafian dalam bersih.

2. Bagian Luar
Untuk bagian luar gunakan kain yang lembut yang dibasahi dengan air hangat. Usapkan secara merata sampai ke bagian pojok-pojok telinga dan lakukan secara berulang-ulang sehingga telinga menjadi bersih.

Ingat, janganlah terlalu sering membersihkan teilinga, takutnya akan menjadi infeksi dan iritasi pada telinga. kurangi penggunaan headset karena akan mengakibatkan sakit pada telinga dan menggangu pendengaran.

Demikian tips cara merawat telinga agar tetap bersih dan sehat, Semoga bermanfaat bagi semua.

Cara Merawat Telinga Agar Tetap Sehat