Cara Merawat Peralatan Pancing

gambar merawat alat pancing

gambar merawat alat pancing

Tips Merawat peralatan pancing – Peralatan pancing yang dirawat secara benar, akan memberi keuntungan yang banyak bagi pemancing, baik pada saat mau disimpan atau pada saat akan digunakan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan peralatan pancing agar selalu prima ketika digunakan, serta agar peralatan tersebut tetap awet, apalagi bila anda menggunakan peralatan bermerk yang harganya cukup mahal. Meskipun saat ini sebagian besar peralatan pancing mengandung bahan steel yang anti karat namun bila tak terawat tetap saja akan mudah rusak dan berkarat.

Kegiatan perawatan alat pancing ini menjadi kesenangan tersendiri bagi para pemancing, dengan sering melakukan perawatan termasuk bongkar pasang maka anda akan sangat mengenali dan memahami secara mendetail cara kerja dan fungsi masing-masing bagian dari alat pancing tersebut.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk merawat peralatan pancing milik anda, yaitu:

1,Cara merawat joran

Bersihkan selalu stick pancing (joran) setelah anda pakai memancing di laut, pinggir pantai, kolam, waduk, sungai ataupun dimana saja dengan cara menggunakan lap basah atau bisa menggunakan kain halus yang telah dibasahkan menggunakan air sabun cuci lemak. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel seperti lumpur, pasir atau sisa umpan yang menempel serta zat-zat yang dapat merusak fiber, carbon, gravitte stick dan bersihkan juga bagian-bagian logam yang mudah berkarat dengan autosol atau cairan pembersih logam. Kemudian keringkan dengan lap kering setelah kita cuci bersih dengan air tawar dan keringkan dengan cara digantung agar bagian-bagian yang tidak dapat di lap kain dapat kering sempurna.

Bersihkan hand grip stick yang biasanya terbuat dari spon busa dengan menggunakan sikat halus yang sudah dibasahi dengan sabun cuci lemak. Fungsinya untuk membersihkan kotoran-kotoran lemak atau lainnya agar selalu steril ketika akan kita pakai lagi, sebab jika tidak dibersihkan dapat menjadi tempat kuman seperti kutu air yang membuat tangan kita gatal-gatal.

2.Cara merawat reel

Siapkan alat – alat sebagai berikut :

  • Air Hangat (Untuk mencuci bagian luar reel)
  • Handuk atau kain ( untuk mengeringkan sisa air cucian reel)
  • Reel Lubricantion (grease dan oli, untuk grease saya biasa pakai Relix reel lube kalau oli pakai oli mesin jahit aja)
  • WD40 bila diperlukan
  • Obeng

Adapun cara membersihkan reel  yaitu :

  • Basahi aja dengan menyapu bagian luar reel dengan air hangat, jangan dicelupkan. Setelah itu keringkan dengan handuk atau kain sampai kering.
  • Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. . waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya real washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2 kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah, artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah… drag kering dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli, drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi ga karuan jalannya. kalo mau tau ya dicoba aja sendiri.
  • Lubrikasi reel, ada 2 jenis lubricant yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega, oil ya oli… bentuknya cair. Bagian2 mana dari reel yang pake oil dan mana yang pake grease? Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear pake grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali2 dikasih grease apalagi berlebihan, roller bearing di tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalo per2 ini kena grease, suka macet dan bikin rollernya ga mau main, alhasil oneway roller suka ga bekerja dan reel bisa terputar balik.. Jangan kasih grease terlalu banyak di area pinion gear ato gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi seret ga karuan. Kasih grease secukupnya saja… Kasih perhatian sama line roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, suka orang lupa kalo disitu ada bearingnya juga.
  • Setiap beberapa kali trip, selalu buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci waktu habis mancing.
  • Tips untuk overhaul reel, bongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat2 posisi semua part dengan mencatatnya atau letakkan di wadah2 plastik untuk masing2 bagian. Jangan lupa posisinya nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian2 parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, pake kuas kecil untuk bagian2 yang sulit. Hilangkan semua bekas2 grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Kalao semua sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru… reel anda pasti jauh lebih halus suaranya…. dijamin!
  • Di stella, kalo rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalo bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci pake WD40, bisa melar ga karuan…
  • Untuk ultegra keatas sampe dengan stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang reel… mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa harus dibongkar… kalo anda bongkar worm shaftnya… anda akan kesulitan memasangnya kembali… this is really pain in the ass… menyebalkan.
  • Kalo anda tidak berani bongkar2 reel sendiri, bawa saja ke dealer atau tukang servis . Yang jelas reel mau mahal kaya apa tetep aja harus di overhaul sekali waktu untuk memberi lubricant yang baru, Mobil aja tiap 2000-3000km ganti oli kan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu jeroannya mulus juga.

3.Cara Merawat Senar, Kenur (Fishing Line)

Setelah memancing ada baiknya kenur/senar dibersihkan, untuk memudahkannya maka sebaiknya semua masih terpasang seperti kita akan memancing.

Cara merawatnya :

  • Siapkan kain bersih dan halus dan sampo.
  • Buka pengunci pada ril.
  • Ulurkan senar/kenur yang habis dipakai(tidak perlu dibersihkan semua, cukup bersihkan sepanjang senar yang keluar pada saat memancing).
  • Gulung kembali senar tersebut dengan satu tangan memegang kain yang telah di olesi sampo untuk memegang senar yang ingin digulung.
  • Sambil menggulung senar periksa juga barangkali ada senar yang cacat.
  • Potong bagian senar yang cacat, karena saat strike biasanya akan mudah putus.

4.Cara Merawat Kail / Lure

Mungkin kebanyakan orang menggunakan kail/mata kail hanya sekali pakai, namun ada baiknya jika kita merawat mata kail bekas untuk cadangan.

Cara merawatnya :

  • Bersihkan kail dari sisa-sisa umpan.
  • Lap dengan kain yang kering.
  • Berilah cairan anti karat untuk menghindarkan dari karatan.
  • Simpan di tempat yang kering.
  • Untuk kail pada lure yang sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan, anda bisa menggantinya dengan mata kail yang baru.

Itulah beberapa cara merawat peralatan pancing milik anda agar awet dan tetap prima ketika anda gunakan. Semoga tips diatas bermanfaat untuk anda. . .

Cara Merawat Peralatan Pancing

cara merawat muncang adu supaya kuat, manfaat air infus buat pleci, cairan infus buat pleci, cara membersihkan kotoran kucing yang menempel di bulu, cara menghilangkan embun di kamera dslr