Cara Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Nama Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movĂ©re’ (bergerak). Mobil merupakan alat transportasi yang dapt mengantarkan kemana yang kita inginkan melewati jalur darat. Pada saat kita bepergian jauh dan tidak menggunakan mobil kita juga harus memberi perawatan mobil sebelum kita tinggal untuk beberapa waktu yang lama.

Berikut tips cara merawat mobil yang jarang dipakai.

  • Merawat mobil dengan menutup Dengan menggunakan kerudung khusus jenis mobil anda.
    Kerudungi mobil anda agar terhindah dari debu dan kotoran yang bisa embgotori mobil anda saat akan ditinggal lama dan juga dapat menghindari dari curah hujan atau percikan air dari genting yang bocor agar mobil tetap bersih.
  • Merawat mobil dengan Melepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu.
    Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.
  • Merawat mobil dengan posisi rem tangan dibebaskan.
    Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat terbuka.
  • Merawat mobil dengan mengganjal empat ban anda dengan balok bila tempat parkir miring.
    Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.
  • Merawat mobil dengan menaruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover.
    Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama. Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.
  • Merawat mobil dengan mengganjal wiper dengan busa/kayu.
    Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
  • Merawat mobil dengan mengusahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak menempel lantai.
    Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack. Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa tidak nyaman.

Demikian tips cara merawat mobil yang jarang dipakai atau ditinggal dalam beberapa waktu yang ama agar mobil tetap normal dan baik. Semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai mobil yang jarang dipakai.

Cara Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

cara membersihkan jok mobil yang berjamur, cara merawat tanaman dalam bahasa inggris, resep cairan pembersih mesin mobil