Cara Merawat Mobil Pada Waktu Musim Penghujan

Cara Merawat Mobil Pada Waktu Musim Penghujan

Cara Merawat Mobil Pada Waktu Musim Penghujan

Mobil merupakan kendraan yang dapat mengantar kita keberbagai tempat yang kita inginkan. Tidak seperti sepeda motor, mobil merupakan kendaraan yang dapat ditumpangi banyak orang. Kelebihan mobil dari sepeda motor adalah saat mengendarai kita dapat terhindar dari teriknya panas matahari maupun derasnya hujan. Pada saat musim penggujan, mobil tentu memerlukan perawatan yang khusus karena mobil akan sering kotor dan selalu terkena air saat berkendara.

Berikut ini tips merawat mobil pada saat musim penghujan.

  • Pembersiahan mobil
    Seperti kita tahu air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, lebih baik basahilah dahulu bodi mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan sampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya. Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering. Bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dll. Jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci pada bodi mobil terlalu lama karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Bersihkan mobil anda sebagian dahulu atau separuh setelah selesai baru kemudian yang lain. Hindari pencucian mobil dengan shampoo yang berbusa tinggi, jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air saja.
  • Pemeriksaan sistem kelistrikan.
    Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Masuknya air dalam sistem perlistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.
  • Pemeriksaan dinamo starter.
    Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat. Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.
  • Pemeriksaan sistem pembakaran.
    Periksa seluruh komponen sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak dan jangan lewatkan komponen sistem pembuangan, gas buang, dan rangkaian knalpot.
    Pemeriksaan ini perlu karena kebocoran itu tak saja membuat terbuangnya BBM secara percuma. Bahkan bisa membuat masuknya air ke dalam tangki bensin atau tabung dalam rangkaian knalpot mobil. Bila hal itu terjadi kerusakan lebih parah pasti akan terjadi pada sistem mekanis mesin lainnya.
  • Pemeriksaansistem pengapian.
    Periksa komponen sistem pengapian. Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda yang aus atau terbakar.
    Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detail harus dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lobang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.

Demikian tips cara merawat mobil pada saat musim penghujan agar mobil selalu bersih, mesin selalu sehat dan tidak rewel saat dipakai berkendara. Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda yang ingin merawat mobil pada musim penggujan.

Cara Merawat Mobil Pada Waktu Musim Penghujan

ciri ciri muncang adu yang bagus, perawatan kemiri adu, cara merawat kemiri adu