Cara Merawat Mobil Matic Sendiri

Cara Merawat Mobil Matic Sendiri

Cara Merawat Mobil Matic Sendiri

Mobil merupakan kendaraan yang beroprasi didarat dan dapat mengantarkan kemana yang kita inginkan melalui jalan darat. Ada dua jenis transmisi pada jenis mobil yaitu transmisi manual dan transmisi automatic. Dan kita akan membahas tentang cara merawat mobil yang bertransmisi automatic.

Cara Merawat Mobil Matic Sendiri

Cara Merawat Mobil Matic Sendiri

Berikut tips cara merawatmobil matic.

Sekarang sudah tidak asing lagi mobil dengan transmisi matic bahkan semua mobil baru 2013 akan menggunakan transmisi otomatis. Tetapi mobil tipe tersebut memiliki kelemahan dan rentan kerusakan dibandingkan dengan transmisi manual. Oleh karena itu ada banyak hal yang diperhatikan ketika anda memutuskan untuk membeli mobil dengan transmisi matic. Dibawah ini terdapat cara mudah untuk cek kondisi mobil matic anda apakah dalam kondisi baik atau sedang mengalami kerusakan. Sebelum memutuskan membeli mobil transmisi automatic ada baiknya untuk mengetahui tips membeli mobil bekas transmisi matic. Cek Kondisi Oli Transmisi Memang malas untuk mengecek oli transmisi sehingga hal ini sering dilupakan oleh para pemilik mobil. Terutama oleh para wanita yang sering melupakan hal ini dan tidak begitu mengerti tentang mesin mobil. Cara mengecek kondisi oli transmisi dengan cara yaitu menghidupkan mesin kendaraan kemudian cek dipstick oli transmisi. Lihat warnanya jika telah berubah warna menjadi lebih gelap atau kehitaman dan ada sedikit terlihat serbuk besi segeralah ganti dengan oli yang baru. Terlihatnya serbuk besi tersebut karena terjadi pergesekan yang terlalu keras antar beberapa komponen di dalam mesin mobil. Uji Jalan Cara kedua adalah dengan mengecek uji jalan, pindahkan letak perseneleng transmisi anda dari P-R-N-D layaknya ketika menjalankan mobil pertama kali. Lakukan sejara perlahan dan hati hati dan rasakan setiap perpindahannya, jika terjadi goncangan atau hentakan seperti kedutan yang kasar, bisa juga terdengar suara yang sedikit bising maka itu adalah pertanda akan adanya masalah pada transmisi mobil baru atau bekas anda. Jika kendaraan anda memiliki transmisi matic CVT maka seharusnya perpindahan perseneleng satu ke yang lainnya akan terasa sangat halus tanpa adanya goncangan. Jika terjadi demikian maka segera cek kondisi mobil anda ke bengkel kepercayaan anda jangan menunggu hingga mobil anda bertambah parah sehingga biaya perbaikan menjadi lebih besar.

Mobil matic itu yang paling utama rem-nya harus prima. Jadi sering-sering di periksa, sedikit saja tidak pakem harus cepat-cepat diservis. Sebenarnya perawatan mobil matic memang agak ruwet/njelimet yang paling penting diperhatikan itu oli transmisinya tidak boleh kurang & tidak boleh kering. Kalau sampai rusak transmisinya bisa lebih mahal apalagi kalau sampai turun transmisi bisa susah urusannya. Kalau tidak salah, kalau type Honda komponennya jadi satu. Kalau ada spare part yang rusak harus dicopot semuanya, tidak bisa dipereteli satu per satu beda dengan mercy, walaupun matic tapi system spare partnya satu per satu jadi kalau dibetulkan juga bisa satu per satu dipereteli. Terus yang kedua, masalah kopling, kampas rem dan oli rem, benar-benar harus di kontrol karena untuk mobil matic cara satu-satunya untuk mengurangi kecepatan hanya mengandalkan rem, tidak seperti mobil manual mengandalkan persneling, bisa oper-oper gigi dan satu lagi kelemahan mobil matic, kalau mogok tidak bisa di dorong karena tidak memakai porsneling.

Demikian tips merawat mobil automatic sendiri dan semoga bermanfaat bagi anda yang mempunyai mobil matic.

Cara Merawat Mobil Matic Sendiri