Cara Merawat Love Bird Dengan Benar Dan Baik

Cara Merawat Love Bird Dengan Benar Dan Baik

Cara Merawat Love Bird Dengan Benar Dan Baik

Love Bird adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agopornis dari bahasa Yunani “agape” yang berarti “cinta” dan “ornis” yang berarti “burung“. Burung ini memiliki ukuran kecil yaitu antara 13-17cm dengan berat 40-60gram, dan burung ini bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, sementara spesies “burung cinta kepala abu” berasal dari Madagaskar. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas. Love Bird pada mulanya adalah burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan dalam berpasangan. Seiring trend dunia burung kicau, burung ini banyak dijadikan sebagai master dan sebagai burung lomba oleh para Kicaumania di Indonesia. Burung ini mempunyai warna bulu yang bergariasi dan lucu. Merawat burung love bird juga mudah dan menyenangkan.

Karakter Burung Love Bird.

  • Mudah beradaptasi.
  • Mudah jinak.
  • Burung yang cenderung baik.
  • Menyenangi lingkungan yang sejuk.
  • Tidak mudah stress.
  • Birahi yang cenderung mudah naik.
  • Tukang teriak dan petarung.

Berikut tips cara merawat burung Love Bird dengan benar.

  • Makanan Love Bird.
    Makanan adalah aspek penting dalam merawat lovebird seperti binatang lainya lovebird pun mempunyai beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ( baca: jenis makanan terbaik untuk lovebird ). Sebenarnya lovebird bisa diberikan banyak varian makanan bahkan makanan-makanan yang sering kita makan juga, tetapi disarankan untuk memberikan makanan biji-bijian campur, beri banyak kangkung terlebih lagi jika lovebird sedang dikawinkan, jagung dan masih banyak lagi. Perhatikan makanan yang diberikan setidaknya sudah dibersihkan dahulu sebelumnya.
  • Kesehatan Love Bird.
    Beberapa yang harus diperhatikan oleh pencinta lovebird semua agar menjaga lovebird tetap sehat.
    Seperti yang tadi sudah kita bahas jaga kandang untuk tetap bersih lalukan pembersihan kandang sehari sekali atau dua hari sekali tergantung tingkat kotor kandang tersebut. Jangan terlalu berlebihan memberikan makanan pada lovebird, lovebird adalah burung yang rakus jadi jangan heran kita akan melihat mereka selalu makan, tetapi banyak para breeder berpengalaman menganjurkan agar burung ini tidak terlalu gemuk oleh karena itu kita harus atur jumlah makanan yang diberikan. Lebih seringlah memandikan lovebird, untuk saya ini adalah kegiatan yang paling menyenangkan karena pada saat itu tingkah lalu lovebird sangat menggemaskan. Berikan multivitamin dan nutrisi agar lovebird tetap fit, beberapa orang menggunakan propolish, tetapi saya pribadi belum pernah mencobanya. Secara harian cek apakah tempat air minum dikandang sudah kotor atau tidak, jika kotor lalukan pembersihan lalu ganti dengan air bersih.
  • Rutin nitas Love Bird.
    Pagi: Lakukan penjemuran letakan sangkar lovebird ini bisa dilakukan jam 07.00 di area yang banyak angin selama 15menit – 30menit, jika anda mempunyai 2 atau lebih lovebird biarkan kandang mereka saling berdekatan agar bisa melihat burung dengan jenis yang sama.
    Siang: Masukan lovebird didalam rumah, jika anda ingin lovebird anda gacor pada siang hari tudung kandang lovebird dengan kain lalu dengarkan mastering dari burung lain.
    Sore: Jam 16.00 kembali lagi keluarkan lovebird keteras atau ketempat yang cukup untuk mengangin2kan burung itu.
    Malam: Biarkan lovebird istirahat, tutup kandang dengan kain. Tetapi jika anda ingin jadikan lovebird burung lomba anda bisa memainkan mastering suara dari burung lain sampai pagi kembali.
  • Kandang Love Bird.
    Saya sangat yakin kita semua sudah tau banyak tentang jenis sangkar lovebird, jika belum silakan baca macam macam sangkar lovebird Kandang lovebird biasanya dikelilingi oleh kawat dan didasari oleh bahan plastik. Saya merekomendasikan kandang lovebird memiliki ukuran setidaknya 2.4-30 inci lebar dengan dua atau lebih tempat bertengger, usahakan tempat bertenggernya memiliki ketebalan yang pas dengan ukuran kaki lovebird jadi jangan terlalu besar juga dan pakailah kayu alami itu akan lebih bagus. Jagalah kandang tetap bersih beberapa penyakit lovebird seperti penyakit mata atau snot pembunuh lovebird terfamiliar diakibatkan oleh kandang yang kotor.

Demikian tips cara merawat burung Love Bird dengan benar dan karakter dasarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta burung, khususnya pecinta Love Bird.

Cara Merawat Love Bird Dengan Benar Dan Baik

manfaat jahe untuk lovebird, manfaat tebu untuk lovebird, manfaat tebu buat lovebird, pakan burung flamboyan, bulu lovebird mengembang