Cara merawat dan menjaga kandungan usia muda

Gambar Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Gambar Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Tips menjaga kehamilan usia muda – Kehamilan merupakan masa yang sangat menarik untuk anda mengetahui perkembangan janin dari minggu pertama hingga minggu terakhir dia terlahir ke dunia. Meskipun perkembangan pada minggu pertama masih belum terdeketeksi oleh sebagian dari anda karena di rasa tidak memiliki tanda-tanda kehamilan. Kehamilan ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi sementara sehingga untuk anda yang memiliki siklus panjang atau pendek sulit untuk menentukannya. Alat bantuan medis bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda sudah memasuki masa kehamilan. Bila anda sedang berada di masa kehamilan pertama sebaiknya anda banyak mendapatkan informasi tentang kehamilan dikarenakan awal kehamilan di trimester pertama masih rentan terhadap perkembangan janin.

Merawat kehamilan pada trimester pertama memang bukan hal yang mudah mengingat beberapa gaya hidup, pola kerja dan makanan memerlukan adaptasi dengan kehamilan anda. Selain itu perubahan fisik menjadi salah satu yang harus anda perhatikan bila mengarah ke hal yang abnormal konsultasikan segera pada dokter anda. Umumnya pada trimester pertama terjadi beberapa perubahan fisik dan psikologis yang dipengaruhi oleh hormon. Morning sickness merupakan perubahan yang membuat anda memerlukan cara untuk mengatasinya. Perasaan mual dan ingin muntah terjadi hampir sepanjang hari sehingga anda lebih memilih beberapa makanan dan minuman saja yang dirasa dapat diterima oleh tubuh anda. Padahal memilih makanan apalagi menghindari makanan yang bergizi untuk asupan ibu hamil akan menggangu perkembangan

janin.

Berikut adalah tips merawat kehamilan pada trimester pertama yang bisa anda lakukan sehingga terhindar dari semua hal yang mengancam janin anda :

1.Hindari aktifitas berat

Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mudah lelah dan bahkan kadang pingsan karena darah rendah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak memaksakan diri melakukan tugas berat. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan salah, terlalu lama berdiam diri akan membuat badan lebih mudah lemas dan tidak nyaman. Bila perlu, lakukan semua aktifitas secara terjadwal. Jika anda wanita karir, tips menjaga kehamilan usia muda adalah saat di trimester pertama. Pada tahap tersebut, tubuh perlu penyesuaian karena tidak hanya fisik dan psikologis yang berubah, tapi juga faktor hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kinerja anda. Sangat penting bagi anda untuk menghindari steress sehingga hormon tidak memicu konstraksi rahim yang akan meningkatkan resiko keguguran.

2.Kendalikan emosi

Saat hamil, ada banyak ujian karena saat masa-masa hamil, wanita lebih mudah terbawa emosi. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormone yang tentunya akan mempengaruhi tingkat stress anda yang dapat membahayakan janin. Demi si jabang bayi, mengelola emosi dan mengendalikannya akan sangat bermanfaat misalnya dengan lebih mendekatkan diri ke Tuhan, bermeditasi dan bercengkrama dengan suami sebagai tips menjaga kehamilan usia muda. Lakukan semua hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga mampu menstabilkan emosi. Perlu diwaspadai bahwa mengelola emsi sangat penting terutama bagi calon ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu rileks.

3.Jaga nutrisi

Tips menjaga kehamilan usia muda selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi. Hamil muda seringkali dilengkapi dengan rasa mual sampai selera makan yang hilang. Meskipun normal, dalam keadaan tersebut tetap harus dipaksa agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangannya. Saat janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, resiko keguguran pun meningkat.

4.Hindari kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan yang cukup buruk dan harus dihilangkan saat hamil. Misalnya dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan, menghindari kafein dan juga alkohol yang tentunya membahayakan kehamilan anda karena akan menghambat pertumbuhan bayu. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa bagi ibu perokok, peluang janin terlahir tidak sempurna lebih tinggi. Sebagai tips menjaga kehamilan usia muda, sangat disarankan untuk menghindari kafein karena mempengaruhi jumlah zat besi dan memperburuk anemia.

5.Konsultasikan kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan

Cara menjaga kehamilan muda adalah dengan berkonsultasi secara rutin pada bidan atau dokter kandungan. Bawa selalu buku laporan yang berwarna pink untuk mencatat riwayat kehamilan anda. Sangat disarankan bagi anda untuk terus mengkonsultasikan berbagai keluhan mulai dari pusing, mual atau bahkan muntah. Jika bidan atau dokter kandungan secara mudah dapat mengetahui tentang kesehatan kehamilan anda lewat keluhan, tentunya akan mudah bagi mereka untuk membedakan hal-hal yang normal dan abnormal yang anda alami. Jika tubuh mengalami pendarahan yakni di daerah vagina, muntah hebat yang terus terjadi, demam tinggi atau bahkan keputihan yang tidak biasa, sangat penting bagi anda untuk terus berkonsultasi.

6.Kurangi frekuensi hubungan suami – istri

Terakhir, berhubungan suami – istri adalah hal yang normal untuk pasangan suami dan isteri. Jika sebelumnya dapat terjadi dalam frekuensi yang cukup tinggi, sangat direkomendasikan saat hamil di periode awal untuk mengurangi frekuensi berhubungan. Menurut banyak dokter kandungan, tingginya frekuensi berhubungan di masa awal kehamilan adalah penyebab utama keguguran, apalagi saat kondisi wanita hamil saat berhubungan sedang tidak fit. Berhubungan suami istri juga harus memperhatikan posisi supaya tidak menindih perut. Tekanan yang terlalu berat akan memicu keguguran.

7.Hindari Stress

Stres pada ibu hamil pasti akan memberikan akibat pada janin yang dikandungnya, karena posisi janin yang berada di dalam rahim dapat merespons apa yang sedang dialami oleh ibu. Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang mengalami stres akan meningkatkan risiko melahirkan bayi prematur dan bayi yang lebih kecil. Bahkan bahaya stres pada ibu hamil dapat mengakibatkan janin keguguran. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab stress. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan.

8.Peran Suami dan Keluarga

Untuk menghindari stress yang berkelanjutan selama masa kehamilan, sudah sepantasnya keluarga terutama seorang suami untuk memberikan support dan perhatiannya kepada istri. Selain itu membangun hubungan yang baik antara keduanya juga tak kalah penting, agar istri dapat mengkonsultasikan setiap hal atau masalah yang ia alami. Hal tersebut bertujuan untuk menguatkan mental istri dalam melalui masa kehamilannya.

9.Menghindari Makanan atau Minuman Tertentu

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pada saat hamil diantaranya daging atau telur yang dimasak kurang matang / masih mentah, karena dapat menyebabkan diare parah pada ibu hamil. Selain itu jenis minuman yang harus dihindari adalah minuman yang mengandung alcohol. Untuk itu, pada kesempatan selanjutnya kami akan menyajikan informasi tentang “Makanan dan Minuman yang Wajib dihindari Ibu Hamil.

Itulah beberapa tips menjaga kehamilan usia muda. Karena kehamilan adalah karunia Tuhan, maka dengan menjaga kehamilan sebaik – baiknya adalah sebuah cara yang paling baik untuk mengungkapkan rasa syukur kita.

Cara merawat dan menjaga kandungan usia muda

manfaat tebu untuk lovebird lomba