Cara Merawat Burung Kacer Agar Berkicau Merdu

Burung Kacer

Burung Kacer

Burung Kacer merupakan burung yang populer untuk para pecinta burung karena mempunyai kicauan yang sangat merdu. Burung kacer atau Magpie Robin yang populer di Indonesia saat ini ada dua jenis, yakni kacer hitam yang sering disebut kacer jawa dan kacer poci atau kacer sekoci yang sering disebut kacer sumatra. Burung ini memang masih berkerabat yakni sama-sama dalam genus Copsychus. Burung kacer jawa mempunyai nama ilmiah Copsychus sechellarum sedangkan kacer poci adalah Copsychus saularis. Perbedaan kedua burung ini sangatlah mencolok yaitu pada warna burung bulunya hitam dan putih. burung kacer jawa mempunyai bulu hitam disemua bagian dada sampai dekat kloaka sedangkan kacer poci warna hintamnya hanya sampai dada dan kebawah hingga kloaka. Untuk mendapatka burung kacer yang sehat dan bersuara merdu perlu dilakukan perawatan yang rutin dan berikut ini tips cara merawat burung kacer agar tetap sehat dan mempunyai skicauan yang indah.

  • Pakan
    Berikanlah makanan berupa voer yang berkualitas dan makanan tambahan seperti jangkrik setiap pagi dan sore kurang lebih 4 ekor sampai 5 ekor, bisa juga kroto.
  • Pemandian
    Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar bebas dari berbagai penyakit, burung pentet harus dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan sepray yang diisi dengan air putih yang bersih dan kemudian dijemur kurang lebih selama satu jam.
  • Kandang
    Kebersihan kandang sangatlah penting untuk kesehatan burung agar terhindar dari bakteti dan kuman. Bersihkan kotoran burung yang menempel dikandang dan semprot dengan air lalu dijemur.
  • Lingkungan
    Buatlah suasana disekitar rumah tidak terlau berisik, agar burung merasa aman dan tenang.

Demikian tips cara merawat burung kacer agar mempunyai kicauan yang indah dan merdu, semoga bermanfaat bagi para pecinta burung.

Cara Merawat Burung Kacer Agar Berkicau Merdu

manfaat merica untuk kacer poci, jenis kacer kapur, cara membersihkan selang pianika bagian dalam, lidah burung kacer, poci kapur