Cara Merawat burung Cucak Ijo Bersuara Merdu

Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo merupakan burung yang terkenal dengan variasi suara kicauan yang beragam sehingga kerap diperlombakan dalam berbagai kontes burung, baik secara lokal maupun internasional. Burung cucak ijo ini mempunyai nama latin Chloripsis Sonnerati yang termasuk dalam golongan  Chloropseidae dan memiliki ciri-ciri warna bulu hijau tua untuk burung jantan dan warna hijau muda untuk burung cucak ijo betina. Agar mempunyai burung cucak ijo yang sehat dan bersuara merdu, perluada perawatan yang rutin dan benar. Berikut ini tips cara merawat burung cucak ijo agar selalu sehat dan mempunyai kicauan yang indah.

  • Pakan
    Sediakan pakan kemasan yang dinilai banyak kandungan vitamin dan protein yng khusus untuk burung cucak ijo. Selain itu juga perlu diberi makanan lain seperti belalang, serta ulat bambau. Jangan lupa beri tambahan makanan berupa buah-buahan seperti pisang kepok, dan pepaya yang telah matang. Agar burung lebih sehat tambahkan juga kroto dan jangkrik yang masih hidup. Untuk minuman berikan air putih yang bersih an setiap hari harus selalu diganti.
  • Pemandian
    Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar bebas dari berbagai penyakit, burung cucak ijo harus dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan sepray yang diisi dengan air putih yang bersih dan kemudian dijemur kurang lebih selama satu jam.
  • Kandang
    Kebersihan kandang sangatlah penting untuk kesehatan burung agar terhindar dari bakteti dan kuman. Bersihkan kotoran burung yang menempel dikandang dan semprot dengan air lalu dijemur.
  • Master Dengan Burung Lain
    Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk melatih burung apapun termasuk burung kenari agar mempunyai variasi kicauan yang lebih banyak dan merdu. Untuk melatih burung kenari kita bisa menggunakan lebih dari sau jenis burung master. Usahakan menggunkan burung master yang sudah gacor. Selain itu juga dapat menggunakan MP3 yang dapat didownload di internet.

Demikian tips cara merawat burung cucak ijo agar selalu sehat dan bersuara merdu, semoga dapat bermanfaat bagi para pecinta kicauan burung cucak ijo.

Cara Merawat burung Cucak Ijo Bersuara Merdu

melatih mental cucak ijo dengan kaca, cucak ijo bunyi krek krek, melatih cucak ijo dengan kaca, cara cepat merontokan bulu cucak ijo, melatih cucak ijo dengan cermin