Cara Merawat Burung Ciblek Agar Berkicau

Burung Ciblek

Burung Ciblek

Habitat burung Ciblek Biasanya hidup diaderah persawahan, ladang, kebun, pinggiran hutan dan hampir kita jumpai didaerah pemukiman pendududk atau sekitar rumah kita. Burung ciblek (Prinia familiaris) merupakan burung kicauan yang memiliki sifat teritorial. Ketika melihat burung sejenis di dekatnya, seekor ciblek akan menampilkan semua kemampuannya untuk bersaing. Karena sifatnya itulah, ciblek kini tak hanya dijadikan burung master, tetapi juga menjadi salah satu burung lomba dengan penggemar cukup banyak di Indonesia. Agar burung ciblek selalu sehat dan mempunyai kicauan yang sangat merdu perlu dilakukan perawatan yang rutin dan berikut ini tips cara merawat burung ciblek.

  • Pakan
    Sediakan pakan kemasan seperti voer yang lembut dan dicampur dengan susububuk agar banyak kandungan vitamin dan protein. Selain itu juga perlu diberi makanan lain seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto. Untuk minumannya berikan air putih yang bersih yang sesalu diganti setiap harinya.
  • Pemandian
    Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar bebas dari berbagai penyakit, burung pentet harus dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan sepray yang diisi dengan air putih yang bersih dan kemudian dijemur 2-3 jam perharinya.
  • Kandang
    Kebersihan kandang sangatlah penting untuk kesehatan burung agar terhindar dari bakteti dan kuman. Bersihkan kotoran burung yang menempel dikandang dan semprot dengan air lalu dijemur.
  • Penempatan
    Sewaktu mengantang burung ini usahakan berjauhan dari burung sejenis atau burung predator lainnya seperti burung pentet/cendet. Tempel dengan burung betina atau burung mudamaksimal 2kali seminggu selama 1-2 jam untuk mengasah mentalnya.

Demikian tips cara merawat burung ciblek agar selalu sehat dan mempunyai suara yang merdu, semoga dapat bermanfaat bagi para pecinta kicauan burung.

Cara Merawat Burung Ciblek Agar Berkicau