Cara Merawat Bunga Kenanga

Bunga Kenanga

Bunga Kenanga

Bunga Kenanga yang mempunyai nama latin Cananga odorata merupakan tanaman asli indonesia. Tanaman ini merupakan satu suku dengan sirsak dan srikaya yaitu suku Annonacea. Kenanga mempunyai bunga yang beraroma wangi dan harum sehingga disuling menjadi minyak wangi. Bunga Kenanga juga sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Pohon kenanga terdiri atas dua macam. Yang pertama adalah kenanga biasa (Cananga odorata macrophylla) yang berbentuk pohon dengan tinggi mencapai 20 meter. Kedua, kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa) yang biasa ditanam sebagai tanaman hias dengan tinggi maksimal 3 meter. Cara perawatannya punĀ  sangat mudah dan berikut ini tips untuk merawat dan menanam bunga kenanga.

Untuk menanam bunga dapat dilakunan menggunakan biji, menyetek, maupun dengan cara mencangkok batang dari pohon kenanga. untuk menanam menggunakan biji usahakan menggunakan tanah yang dicampur pupuk kandang atau pupuk kompos. Setelah tumbuh dan berukuran sekitar 15-20cm bibit siap tanam di tanah karena tumbuhan kenanga dapat mencapai tinggi 20 meter kecuali kalau di buat bonsai dapat ditanam dipot. Untuk penyiramannya, tanaman ini tidak membutuhkan air yang manyak oleh karena itu disiram secukupnya saja. Usahakan tanaman mendapatkan cukup sinar matahari secara langsung dan di bei pupuk agar tumbuh dengan subur dan berbunga lebat.

Demikian tips cara merawat dan menamam bunga kenanga agar tumbuh subur dan berbunga lebat, sekian semoga bermanfaat bagi semua.

Cara Merawat Bunga Kenanga

cara merawat bunga kenanga, cara menanam bunga kenanga, cara stek kenanga