Cara Merawat Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

Banyak orang yang menyukai tanaman hias, salah satunya adalah bunga euphorbia. Bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias yang cantik di kerajaannya, maka dari itu bunga ini dinamankan euphorbia. Bunga euphorbia adalah tanaman bunga yang berasal dari Madagaskar. Bunga ini termasuk golongan kaktus. Sama halnya seperti kaktus-katus lain, euphorbia juga tumbuh subur di daerah yang panas dan kering. Penyebaran bunga euphorbia sangatlah luas, dimulai dari Madagaskar lalu ke China dan Thailand. Sekarang sudah sampai di Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia yang salah satunya benyebar luas di Indonesia. Cara perawatan bunga inipun tidak begitu sulit. Berikut ini cara merawat bunga euphorbia.

Agar bunga euphorbia tumbuh sehat dan berbunga lebat yang indah, tentu memerlukan perawatan yang baik. Walau pada dasarnya euphorbia adalah tumbuhan gurun tetapi perawatannya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak.

Tahap Penyuburan
Tahap ini biasanya dilalui sekitar satu sampai dua bulan lamanya. Pada tahap ini setelah tanaman melewati sekitar dua bulan, tanaman ini akan mulai bercabang dan daun terlihat sangat subur, lebat dan rindang.

Tahap Pembungaan
Pada tahap ini tanaman harus terkena sinar matahari secara langsung. Sirami dengan air setiap hati dengan menggunakan gembor secara perlahan karena dengan menyiramnya secara perlahan-lahan tidak akan membuat daut tertancap pada duri-duri yang terdapat pada batangnya. Setelah beberapa hari akan muncul bunga-bunga kecil yang tumbuh dari sela-sela tajuknya. Setelah beberapa minggu akan tampak bunga-bunga yang besar dan indah menyesaki seluruh daun-daunnya. Untuk menghasilkan euphorbia yang berbunga sepanjang masa usahakan tanaman ini selalu terkena sinar matahari secara langsung setiap hari.

Demikian cara merawat bunga Euphorbia agar berbunga lebar dan indah sepanjang masa, semoga bermanfaat.

Cara Merawat Bunga Euphorbia

cara supaya euphorbia bercabang banyak