Cara merawat batu zamrud dan khasiatnya

gambar batu zamrud

gambar batu zamrud

Tips merawat batu zamrud – Batu Zamrud adalah nama lokal Indonesia untuk batu permata jenis Emerald. Batu ini adalah batu yang paling berharga dari kelompok Beryl. Nama Emerald berasal dari kata Perancis lama “Esmeralde”, yang berasal dari kata Yunani “Smaragdos” yang berarti “Batu Hijau”. Warna hijau Zamrud tidak pernah tertandingi dalam sejarah batu permata, dan termasuk yang paling populer di dunia dan favorit di kalangan elit, serta dianggap sebagai salah satu dari empat batu permata yang paling berharga, bersanding dengan batu Safir (Sapphire), batu Merah Delima (Ruby) dan Berlian (Diamond).

Batu Zamrud memiliki rumus kimia Be3Al2(SiO3)6. Hampir semua batu Zamrud alami memiliki karakteristik inklusi yang berbeda-beda dan hampir semuanya menggunakan treatment minyak atau resin untuk mengisi celah-celah kecil dan retakan-retakannya. Adanya kekurangan tersebut membuatnya cukup mudah untuk diidentifikasi dan dibedakan dengan batu permata lainnya yang sejenis. Cahaya akan mengekspos dan menampilkan inklusi dan patahan-patahan yang membuktikan bahwa batu Zamrud tersebut adalah alami. Warna hijau Zamrud adalah efek dari Kromium dan Vanadium, dan warna terbaiknya bisa dilihat di bawah sinar matahari langsung. Salah satu cara termudah untuk mengidentifikasi keaslian batu Zamrud hijau adalah dengan menguji berat jenis (density) dan tingkat kekerasannya. Seperti halnya semua bentuk Beryl, Zamrud lebih keras daripada Apatite, Quartz (Kuarsa) dan Feldspar, tapi sedikit lebih lunak daripada Spinel, Topaz dan Sapphire (Safir). Namun, Zamrud pada umumnya lebih rapuh daripada Beryl lainnya.

Cara merawat batu zamrud

Batu Zamrud sangat sensitif terhadap tekanan dan rentan terhadap bahan kimia rumah tangga. Meskipun Zamrud termasuk salah satu batu permata yang keras dengan 7,5 sampai 8 skala Mohs, tetap harus ada perlakuan hati-hati ketika menangani batu Zamrud karena mereka lebih rapuh daripada Beryl lainnya. Hindari memakai perhiasan Zamrud ketika bekerja dengan bahan kimia atau pembersih rumah tangga, seperti pemutih atau bahan yang mengandung asam. Saat membersihkan, cukup gunakan air hangat dan sabun serta tisu atau kain yang lembut. Pastikan untuk membilas batu dengan bersih untuk menghilangkan semua residu sabun.

Hindari menggunakan pembersih ultrasonik dan pembersih uap (Steam Cleaner) saat membersihkan batu Zamrud karena bisa menghilangkan minyak yang digunakan pada treatment Zamrud. Jika minyak tersebut hilang, kemilau dan warna batu Zamrud akan memudar. Selalu lepas perhiasan Zamrud sebelum berolahraga, atau ketika beraktifitas berat lainnya. Zamrud bisa dengan mudah menggores batu permata lainnya, dan sebaliknya, batu permata lainnya yang lebih keras juga bisa menggores Zamrud seperti Topaz dan Safir (Sapphire). Untuk menghindari terjadinya goresan, simpan batu Zamrud berjauhan dari batu permata lainnya. Simpan dengan cara membungkusnya dengan kain yang lembut dan tempatkan ke dalam kotak yang berlapis kain untuk memberikan perlindungan ganda.

Khasiat batu zamrud yang datang dari Kalimantan ini diakui mempunyai khasiat untuk pengasihan tingkat tinggi. Misalnya untuk harapan bisa memberi unsur keberhasilan dalam kehidupan yang dibarengi dengan kedisiplinan dalam melakukan hidup, menjernihkan suatu hal yang bikin bingung hingga bisa memecahkan permasalahan yang belum teratasi. Bisa pula menumbuhkan karakter spiritual, memberi kedinamisan, serta mengarah pada kejujuran.

Untuk kesehatan, bisa menyeimbangkan hormon serta mengharmonisasikan beberapa fungsi dari kelenjar pituitary serta thyroid, untuk penyakit jantung. Kekuatan lihat jarak jauh maupun jarak dekat mata dan melakukan perbaikan system kekebalan badan. Lantaran Keunikannya, didalam batu itu terbentuk benang-benang asap.

Cara merawat batu zamrud dan khasiatnya

perbedaan jeruk purut jantan dan betina, cara menuakan warna batu zamrud, cara mengkristalkan batu zamrud