Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

Akhir-akhir ini batu akik menjadi pembicaraan banyak orang khususnya di Indonesia. Banyak jenis batu akik atau batu mulia dan salah satunya yaitu Batu Kalimaya atau yang biasa di sebut Black Opal. Di Indonesia Batu kalimaya banyak di temukan di Lebak Banten. Tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja Banten. Namu batu ini juga diambil dari tempat ditemukanya dimana batu ini banyak ditambang sekitar sungai atau kali. batu kalimaya atau black opal telah menempatkan batu ini sebagai jenis permata paling dicari dan di buru banyak kolektor dan penghobi. Bahkan masuk dalam deretan batu cincin akik termahal di dunia. Untuk itu, batu ini memerlukan perawatan agar batu ini semakin bagus dan menjadi kekaguman baik yang memiliki maupun yang melihat. Banyak cara merawat batu kalimaya, salah satunya menggunakan Air Hujan. Karena batu kalimaya atau black opal ini mengandung banyak air, jadi perlu menggunakan air hujan untuk perawatannya.

Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

Berikut ini tips cara merawat batu kalimaya atau black opal menggunakan air hujan.

  • Tempatkan air hujan ke dalam gelas atau mangkok.
  • Masukkan batu kalimaya black opal kedalam gelas atau mangkok yang berisi air hujan tersebut.
  • Jemur di sinar matahari selam kurang lebih 2 jam.
  • Saat menjemur batu kalimaya black opal, air rendaman harus terkena sinar matahari langsung.
  • Simpan ditempat yang gelap dan suhu normal, misalnya di kolong meja, atau tempat yang tidak terkena sinar matahari atau lampu.
  • Setiap 7 hari atau seminggu, poles dengan amplas halus dan bubuk intan. (Bagi yang belum tumbuh kembang sinar).
  • Bagi yang belum tumbuh kembang sinar, saya sarankan semua langkah diatas, dilakukan sebelum batu kalimaya black opal. Setelah didapat titik-titik kembang, barulah dibentuk sesuai posisi yang dinginkan. Ini dimaksudkan agar bisa disesuaikan, yang sudah ada titik atau kembang sinar dibentuk untuk bagian atas black opal.

Demikian tips cara merawat batu nkalimaya atau black opal dengan menggunakan air hujan agar semakin bagus dan memumbuhkan kembang sinar. Semoga dapat bermanfaat bagi anda para pecinta batu akik.

 

Cara Merawat Batu Kalimaya Dengan Air Hujan

mustika air hujan, batu kinyang kalimaya, merawat batu kalimaya