Cara Merawat Anggrek Bulan Berbunga Indah

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek merupakan salah satu bunga yang sangat cantik dan disukai para pecinta tanaman hias. Bunga ini merupakan salah satu yumbuhan berbiji dari famili Orchidhaceae yang banyak diminati orang karena bentuk dan warnanya menarik hingga semua yang orang yang menyukai tanaman hias suka dengan bunga ini. Bunga anggrek mempunyai beberapa jenis salah satuya yaitu Anggrek Bulan. Anggrek bulan adalah yang mempunyai kelopak bunga yang lebar dan anggun. Termasuk tanaman anggrek yang mudah dirawat dan rajin berbunga. Anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial. Anggrek yang tumbuh keatas dari satu batang. Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh cabang bunga baru.
Berikut ini tips cara merawat bunga anggrek bulan agar tumbuh subur dan berbunga indah.

  • Sinar matahari yang cukup.
    Anggrek jenis ini hanya butuh intensitas matahari yang tak terlalu kuat. cukup 20-50% saja. Apabila cahaya yang didapat anggrek lebih besar dari angka yang disebtkan tadi, maka akan timbul kerusakan pada sebagian atau seluruh jaringan tanaman. Gejala terbakar akan segera terlihat terutama pada daun-daun yang terkena langsung cahaya matahari. Biasanya gejala itu ditandai dengan keluarnya warna cokelat kemerahan pada permukaan daunnya. Untuk itu penempatannya harus ditempat yang cukup cahaya sinar matahari, tidak kurang dan tidak lebih.
  • Penyiraman bunga anggrek bulan.
    Anggrek bulan akan tumbuh baik bila kebutuhan airnya tercukupi. Tanaman yang sedang aktif tumbuh jelas butuh lebih banyak air ketimbang anggrek yang sudah berbunga. Air yang digunakan untuk penyiraman tidak sekadar bersih. Air itu harus cukup mengandung mineral, pH netral dan tersedia sepanjang tahun. Selain ikut dalam proses fotosintesis, air juga berperan mengatur kondisi suhu. ”Cara pemberian air yang baik adalah dengan sprayer”. Air keluar dari sprayer berupa butiran-butiran halus sehingga tidak menghanyutkan atau merusak media dan bagian tanaman. Lakukan penyiraman pada anggrek bulan minimal dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.
  • Pemupukan bunga anggrek bulan.
    Pemupukan pada bunga anggrek bulan sebaiknya pemupukannya lewat daun, karena lebih efektif dibanding cara lain. Alasannya, daun mampu menyerap pupuk sekitar 90%, sedangkan akar hanya menyerap 10%. Lagi pula, kandungan unsur hara dalam pupuk bakal lebih cepat tembus ke jaringan tubuh lewat pembuluh daun atau kutikula. Pupuk yang digunakan untuk anggrek harus mengandung tiga unsur hara penting, yaitu nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K). Pemberian pupuk harus menyesuaikan fase pertumbuhan tanaman. Saat pembibitan, paling tidak 60% kandungan pupuk itu didominasi oleh unsur N. Menginjak usia muda, tanaman diberi pupuk dengan konsentrasi N:P:K yang sebanding yaitu 30%. Sedang masa sudah berbunga, unsur P berganti dominasi menjadi 60%.

Demikian tips cara merawat bunga anggrek bulan agar tumbuh subur dan berbunga indah, semoga bermanfaat bagi para pecinta bunga anggrek bulan.

Cara Merawat Anggrek Bulan Berbunga Indah

agar anggrek berbunga lebat