Cara Merawat Anak Kucing Agar Tetap Sehat

Anak Kucing

Anak Kucing

Sebagian orang menganggap Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan dan lucu untuk dipelihara. Kucing merupakan binatang kesayangan, karena tingkah laku dari binatang ini lucu-lucu sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Lebih menggemaskan bila memelihara anak kucing karena kucing klo masih anakan bentuk dan tinggakah lakunya sangat lucu beda dengan kucing dewasa. Tapi dengan memelihara anak kucing tentu akan banyak menyita waktu dan perlu perawatan khusus untuk merawatnya karena anak kucing perlu memerlukan perhatian yang lebih agar pertumbuhannya tidak terganggu dan selalu sehat.

Berikut ini tips cara merawat anak kucing agar tumbuh dengan sehat :

  • Jangan memberikan susu yang biasanya diminum oleh orang dewasa kepada anak kucing, pemberian susu manis orang dewasa bisa mengakibatkan rusaknya sistem pencernaan anak kucing.
  • Berikan air susu formula kepada anak kucing. Untuk meminumkannya teteskan perlahan kemulutnya lewat samping mulit, jangan memberikan air susu lurus melalui mulutnya, karena bisa menyebabkan air tadi masuk keparu-paru. Kalau anda susah memberikannya air, gunakan dot khusus untuk memberikan minum anak kucing anda. Kalau anda susah mendapatkan susu formula, gunakan saja air biasa untuk meminum anak kucing.
  • Untuk makanan anak kucing ada banyak produk makanan yang tersedia di pasar dan bisa anda berikan kepada anak kucing anda, saya biasanya memberikan produk Whiskas untuk anak kucing yang berumur 0-6 bln kalau tidak salah. Jangan memberikan nasi ataupun yg berat-berat ke anak kucing anda, pencernaannya belum siap untuk menerimanya, salah-salah kucing anda mencret nanti.
  • Bersihkan anak kucing sesering mungkin, terutama ketika bangun tidur, karena anak kucing biasanya matanya tertutup karena kotoran matanya, jadi bersihkan ia agar bisa melihat dengan baik. Kemudian bersihkan badannya dengan air hangat untuk menghindari dingin, gunakan kapas sebagai alat bantu membersihkan badannya.
  • Kalau anak kucing sering menangis itu pertanda dia minta susu atau makan, kalau ini sudah diberikan tetapi masih rewel anda bisa membawanya ketempat nyaman untuk menidurkannya, anda bisa menggunakan boneka yang banyak bulunya sebagai tempat tidur untuk memberikan efek nyaman bagi si anak kucing yang lucu itu.
  • Sediakan kotak khusus untuk diakencing atau Pup, atau anda bisa juga menyediakan gundakan pasir khusus untuk di BAB, jadi mudah dibersihkan.
  • Harus mempunyai jiawa sabar dan telaten adalah kunci keberhasilan anda dalam merawat anak kucing kesayangan anda.

Demikian tips cara merawat anak kucing agar dengan tumbuh sehat dan semakin menggemaskan, semoga bermanfaat bagi para pecinta kucing.

 

Cara Merawat Anak Kucing Agar Tetap Sehat

minyak zaitun untuk kucing