Cara Merawat Matoa Cepat Berbuah Secara Alami

Buah Matoa

Buah Matoa

Matoa merupakan buah yang berasal dari Papua yang mempunyai nama latin Pometia pinnata dan berasal dari keluarga rambutan (Sapindaceae). Matoa juga terdapat di daerah Maluku, Sulawesi, dan Papua New Guenea serta didaerah tropis di Australia. Matoa sebenarnya tumbuh liar di hutan-hutan Papua, sejenis tumbuhan pohon besar, tinggi pohon rata-rata 16 meter dengan diameter rata-rata maksimum 90 cm. Matoa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli hingga Oktober. Matoa merupakan buah musiman yang berbuah pada bulan September-Nopember. Distribusinya di Papua terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Untuk cepat berbuah, ada cara alami agar matoa cepat berbuah.

Berikut ini tips cara alami membuat matoa cepat berbuah:

  • Bahan
    – Telur ayam kampung 2 butir.
    – Gula pasir/tetes tebu 2 ons.
    – Jeruk nipis 3  4 butir.
    – Madu 3 sendok makan.
  • Cara Pembuatan
    – Telur ayam dikocok/diaduk hingga kuning dan putih telurnya tercampur secara merata.
    – Gula dilarutkan dalam 1 liter air.
    – Peras jeruk nipis dan ambil airnya.
    – Semua bahan dicampur sambil diaduk hingga merata atau dapat ditambahkan madu.
    – Larutan siap digunakan, untuk ½ gelas dicampur dengan 14 liter air.
    – Disemprotkan pada bagian bawah daun setiap 10 hari.
    – Penyemprotan dihentikan bila bunga sudah terbentuk.

Selain itu ada juga manfaat dari buah matoa dan berikut ini manfaat buah matoa.

Buah Matoa dapat dikonsumsi segar dan memiliki rasa seperti gabungan antara rambutan, durian dan kelengkeng yang tentu saja membuat buah ini sangat lezat. Karena rasanya yang enak, buah ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, dan buah ini juga kaya akan kandungan glukosa jenuh, sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan menyebabkan agak pusing (teler). Vitamin C dan E dalam buah matoa bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang system kekebalan tubuh yang bisa merusak serta menggerogoti sel-sel tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Vitamin E dalam buah matoa juga dapat membantu meringankan stress, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan wanita serta meminimalkan resiko terserang penyakit kanker serta penyakit jantung koroner. Vitamin E dalam buah matoa juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara menjaga serta meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit. Bersama-sama dengan beberapa senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah matoa, vitamin E ini mampu meningkatkan regenerasi sel-sel kulit.

Demikian tips cara merawat matoa agar cepat berbuan dan manfaat buah matoa. Semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Merawat Matoa Cepat Berbuah Secara Alami

cara merawat pohon matoa agar cepat berbuah, Agar matoa cepat berbuah, pohon matoa berbuah, cara merawat tanaman matoa, cara menanam buah matoa agar cepat berbuah