Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Bacan

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Bacan

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Bacan

Batu Bacan merupakan batu yang mempunyai keunikan mengandung nyawa,harganya bisa mencapai ratusan juta rupah. Batu bacan sendiri berasal dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Batu ini banyak pemburunya karena diyakini warnanya bisa berubah. Dengan pancaran cahaya kristal dari dalam batu bacan, membuat para pecinta dan kolektor batu akik berlomba untuk mengoleksinya. Untuk mendapatkan tampilan batu bacan yang berkilau dan indah perlu dilakukan pengangkatan kapur agr batu bacan bersih dari kapur yang mengganggu penampilan batu bacan. Kapur adalah salah satu elemen yang sering terdapat pada setiap batu, khususnya batu bacan.

Berikut tips cara menghilangkan kapur di dalam batu bacan:

  • Rendam batu bacan dan batu lainnya yang mengandung kapur dalam cairan lotion anti nyamuk dalam tempat tertutup lalu simpan dalam kulkas. Cara ini akan membuat kapur larut dalam cairan lotion anti nyamuk dan harus di gosok ulang agar bentuk batu menjadi bagus kembali.
  • Panaskan batu dengan pemanas nasi, steamer selama 1 jam (pastikan batu benar-benar kering) biasanya kapur akan naik kepermukaan lalu rendam dengan air mineral selama 3 hari dan gosok ulang.

Cara diatas merupakan cara ekstrem, bila ada kerusakan terhadap batu kemungkinan bahannya kurang bagus dan saya tidak menganjurkan cara tersebut dipakai untuk percobaan. Sekedar informasi tambahan bahwa batu bacan atau batu yang lain akan lebih bagus warna maupun kristalnya bila dipakai setiap hari. Dan akan membuat batu tua dengan sendirinya.

Demmikian tips cara menghilangkan kapur pada batu bacan, semoga bermanfaat bagi anda para pecinta batu bacan.

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Bacan

ciri ciri batu pandan merah suntikan, cara menghilangkan yakut pada batu bacan, menghilangkan kapur batu bacan dengan air hujan, cara menghilangkan kapur pada batu bacan, kapur bambu