Cara Melatih dan Merawat Anjing Akita Sendiri

Anjing Akita

Anjing Akita

Akita adalah salah satu dari anjing trah Jepang. Nama resmi jenis anjing ini adalah Akita Inu. Di luar tempat asalnya di Prefektur Akita, anjing berukuran besar ini disebut Akita Ken (juga berarti anjing akita). Jenis anjing ini tidak sama dengan American Akita. Akita Inu memiliki kemampuan berburu yang hebat. Karena ukuran dan keberaniannya, Akita Inu menjadi anjing pemburu yang handal, dimana buruannya berupa babi hutan, rusa besar, dan beruang Yezo berukuran besar yang berada di Provinsi Akita. Agar anjing akita tumbuh dengan sehat dan baik maka perlu dilakukan perawatan dan pelatihan yang baik.
Berikut ini tips cara merawat dan melatih anjing akita yang benar agar tumbuh dengan sehat dan baik.

  • Saat kelahiran, anjing berbakat bisa dengan cepat mencapai puting susu ibunya.
  • Latihan bisa dimulai dengan latihan penciuman pada anjing, dengan menjauhkan posisi makanan anjing agar penciuman anjing menjadi lebih terasah.
  • Daya konsentari anjing akan benar-benar tersah pada usia anjing mencapai 6-8 bulan, sebaiknya anda segera memulai pelatihan pada umur-umur ini.
  • Hindari latihan berupa fisik pada anjing pada umur muda (6-8 bulan) seperti berlari berlebihan, atau melompat-lompat, karena pada umur segitu otot anjing masih rapuh atau belum terlalu kuat menopang berat badan nya.
  • Latihlan anjing agar dapat energik terlebih dahulu dengan mengginakan bola sebagai pancingan awal agar anjing bergerak melakukan sesuatu.
  • Selalu melakukan pujian pada anjing setelah anjing melakukan perintah anda, pujian dapat dilakukan dengan gerakan menepuk anjing ataupun dengan kata-kata lisan.
  • Usahakan grakan atau kata-kata pujian anda tidak berubah-ubah agar anjing tidak bingung dan dengan segera dapat menghafal maksud anda.
  • Hindari hukuman secara fisik juka anjing belum paham perintah anda, hal ini akan dapat menyebabkan anjing merasa keberatan untuk melakukan perintah anda selanjutnya.

Demikian tips cara merawat dan melatih anjing akita yang benar agar tumbuh sehat dan pintar. Semoga bermanfaat bagi para pecinta anjing.

Cara Melatih dan Merawat Anjing Akita Sendiri