cara beternak kambing jawa

cara beternak kambing jawa

cara beternak kambing jawa

cara beternak kambing jawa di indonesia mengalami banyak kemajuan, karena banyak kebutuhan akan kambing jawa di indonesia merupakan keuntungan bagi para peternak kambing jawa. kambing jawa kerap dipakai untuk olahan makanan sate, gule, tongseng serta kambing guling, ada banyak macam-macam masakan kambing. untuk memperoleh kambing jawa amat gampang nyaris tersebar di semua nusantara, dikarenakan populer kelezatan dagingnya bila pintar memasaknya.

tak hanya di ambil dagingnya kambing juga dapat dimanfatkan dari segi kotoran kambing sebagai pupuk organik yang paling baik di antara pupuk kotoran hewan lainya. yang amat bagus untuk beragam pupuk tanaman hias serta tanaman sayuran.

apakah anda tertarik dengan cara beternak kambing jawa, baik pembesaran atau ternak pengembangbiakan, ada langkah-cara yang lebih praktis untuk mengawali berternak :

persiapanya :

1. siapkan kandang dengan jenis dipanggung.
2. siapkan bibit kambing yang sehat usia pada 9_10 bln..
3. dengan perbandingan 3betina serta 1 pejantan.
4. pilhlah kambing jantan untuk penggemukan.
5. lokasi kandang yang jauh dari keramaian.
6. berdekatan dengan area pengambilan rumput.

kriteria kandang :

ukuran kandang untuk pengembang biakan untuk sepasang pada 1m x1, 5m tiap-tiap 1 indukan memindahkan pejantan dari kandang satu kekandang satunya. bila pingin digabung tinggal dikalikan saja. contohnya 3 :1 =3m kali 4, 5m telah cukup untuk 4 ekor kambing.

ukuran kandang untuk penggemukan juga tidak terlampau tidak sama yakni untuk perekor 90cm kali 1, 5m yang diisi 1ekor tiap-tiap kotaknya, untuk penggemukan diusahakan kambing tidak bisa bergerak bebas. supaya tenaga tidak terbuang sia –sia, dengan tujuan supaya penggemukan berjalan cepat.
kandang mesti cukup sirkulasi udaranya serta dilengkapi dengan sirkulasi pembuangan kotoran kambing, kotoran kambing tidak bisa bersarang dikandang terlampau lama. baik air kencing atau kotaran kambing itu sendiri. yang butuh di perhatikan didalam ternak kambing merupakan kebersihan kandang serta sisa –sisa pakan serta kotoran yang mengganggu mesti dibersihkan tiap-tiap hari.

pemberian pakan :

pemberian pakan kambing biasa 2kali 1 hari yakni pagi serta sore hari dengan rerumputan serta diselingi dengan biji-bijian serta konsentrat atau dedak yang digabung sedikit air. untuk persediaan air minum mesti senantiasa ada. kambing umumnya dapat minum bila posokan pakan terlambat. janganlah berikan pakan terlalu berlebih dikarenakan kambing tak lagi berhenti makan bila ada pakan yang ada didepanya. berilah pakan pada kambingdengan perbandingan 5%-10% dari berat badanya. untuk melihat-lihat gambar kambing lengkap

cara beternak kambing jawa