Cara berternak tikus putih

cara berternak tikus putih

cara berternak tikus putih

Cara berternak tikus putih yang  terhitung didalam keluarga rodentia hingga tetap terhitung kerabat dengan hamster, gerbil, tupai, serta mahluk pengerat yang lain. tikus putih yang kita bicarakan saat ini yaitu tikus mencit mus musculus. untuk beberapa penggemar reptil layaknya ular maupun biawak tikus putih yaitu makanan yang popular. tikus amat digemari lantaran kandungan gizi yang dimiliki semakin banyak dari pakan lain layaknya katak atau burung emprit. tikus putih ( mencit ) amat gampang dikembang biakkan.

untuk mengawali lakukan breeding mencit yang sangat mutlak yaitu menyiapkan indukan. indukan memegang fungsi mutlak didalam sistem breeding. indukan yang baik serta sehat dapat membuahkan banyak anakan. tidak cuma mempersiapkan indukan kita juga mesti mempersiapkan sarana breeding dan pakan.

untuk mengawali breeding kita menentukan calon indukan yang sudah masak kelamin. induk yang siap kawin yaitu yang berusia kian lebih dua bln.. untuk membedakan jantan serta betina untuk beberapa pemula amat sukar. sesungguhnya langkahnya amat gampang untuk membedakan type kelamin tikus putih. cobalah pegang buntut sampai tubuh tikus menggantung serta tengok sisi anus. untuk tikus jantan dapat tampak buah zakar yang cukup besar namun pada tikus betina tak ada.

sesudah memperoleh sepasang induk langkah setelah itu yaitu dengan mencampurkannya. untuk memperoleh hasil yang optimal kita bisa memakai rasioa satu ekor pejantan dengan tiga ekor betina. biarlah mereka ‘bermain’ berbarengan cocok instingnya serta gak butuh diajarin lho… :p

wadah yang bisa kita pakai berbagai macam dimulai dari aquarium hingga bak fiber. wadah tersebut terserah anda serta cocokkan dengan kantong anda. saat lakukan pencampuran induk stimulasikan dengan taoge. taoge populer sebagai obat mujarab untuk memperbanyak anak tikus. indukan yang diberi paka taoge umumnya lebih tokcer serta anaknya amat banyak.

cobalah sesekali anda cermati beberapa indukan betina. periode kehamilan tikus putih yaitu dua pekan. sesudah satu pekan lebih dapat tampak perut tikus membesar serta terlihat jendolan. seandainya kita angkat ekornya maka dapat tampak layaknya buah pear yang ranum. segera kita pisahkan dari tikus yang lain. letakkan di area yang tenang supaya sang ibu tidak alami stress. berikanlah pakan serta minum yang cukup supaya gizi sang induk terus oke. karena pasca melahirkan sang induk mesti menyusui sepanjang dua pekan lebih.

sesudah sekian hari dipisah sang induk umumnya segera melahirkan anaknya. anak tikus ( cindil ) yang berwarna merah amat kecil seukuran seruas jari saja. induk betina yang sudah dipisah soliter dapat melindungi serta mengawasi anaknya. jangan sempat indukan ini stress atau kekurangan makan/minum dikarenakan mereka dapat mengonsumsi anaknya sendiri. pada waktu awal kelahiran janganlah kaget bila anda mendapatkan anak tikus yang dimakan. tidak butuh cemas dikarenakan yang dimakan itu yaitu anakan yang cacat.

berikanlah pakan yang berkwalitas dimulai dari campuran biji-bijan serta voer ( pur ) ayam. air minum lalu jangan sempat telat supaya sang ibu tidak kehabisan cairan tubuh saat menyusui. sepanjang satu pekan pertama cindil tetap amat merah. pekan ke-2 bulu mulai tumbuh dengan cepat. memasuki pekan ketiga bulu sudah tumbuh dengan prima serta tikus muda mulai berjalan-jalan meskipun matanya tetap tertutup. pekan ketiga mata mulai terbuka serta anakan telah bisa makan sendiri. setelah itu angkat indukan anda. didalam dua bln. anak tikus tadi dapat besar serta siap dikawinkan kembali, begitulah cara berternak tikus putih.

Cara berternak tikus putih