Asal mula burung kenari yokser

Burung kenari yokser

Burung kenari yokser

Burung kenari yokser – Asal mula sejarah Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,yorkshire,lanchaisire,gloser,dan sebagainya.

Nama burung kenari tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, karena banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu

Jenis kenari yang populer salah satu nya adalah burung kenari yokser atau Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire / yokser adalah salah satu jenis kenari yang sangat fenomenal. Disebut seperti ini karena kenari jenis ini memang banyak digemari oleh pecinta burung kenari hampir di semua negara. Selain posturnya yang besar dan aduhai, kenari yorkshire juga memiliki volume yang relatif di atas rata-rata.

Asal Usul dan sejarah Kenari Yorkshire / yokser

Ternyata kenari yorkshire sendiri bukan kenari dengan jenis yang lahir secara asli/alami. Satu sumber buku mengatakan bahwa kenari yorkshire merupakan kenari hasil silangan dari jenis kenari lanchasire, kenari norwich dan belgian bult bahkan sumber lain mengatakan terdapat tambahan genetik untuk memperlengkap warnanya yaitu dari kenari jenis cinnamon.

Burung kenari yokser

Ciri dan jenis  Kenari Yorkshire / yokser

Dari setiap makhluk hidup di muka bumi ini tentunya mempunyai peran masing-masing dalam hubungannya dengan keseimbangan alam. Terlepas dari itu kenari yorkshire adalah kenari populer yang mempunyai banyak keunikannya, secara umum adalah sebagai berikut:

  • mempunyai postur yang proporsional. Bukan hanya besar, kenari jenis ini posturnya sering diibaratkan sebagai wortel terbalik. Orang Barat menyebutnya sebagai “The Guardian”.
  • memiliki volume yang relatif keras
  • memiliki corak warna dan postur yang beraneka ragam, hal ini dikarenakan kenari yorkshire hingga sekarang ini sebenarnya masih dalam taraf me-modernisasikan shape dan size nya.
  • merupakan salah satu kenari yang lumayan sulit untuk diternakkan. Asumsi tak lain berasal dari jumlah yorkshire yang mampu beranak dan melestarikan galurnya masih sangat terbatas (khususnya di Indonesia).
  • perawatan yang relatif sedikit lebih rewel daripada kenari lokal.

Di Indonesia sendiri kenari yorkshire sering disilangkan dengan kenari lokal/jenis lainnya sehingga akan mendapat anakan dengan volume keras, postur lumayan dan “fighter”. Namun seiring dengan waktu, beberapa teman saya yang juga peternak mengeluhkan kenari yorkshire mereka yang kerap kali mati. Bagi beberapa orang itu bukan lah halangan namun sebuah tantangan agar dapat mencetak kenari unggul.

Perawatan Burung Kenari Yorkshire / yokser

Karena merupakan kenari import maka yorkshire memerlukan perawatan yang berbeda daripada kenari lokal. Di asalnya yorkshire diternakkan dalam iklim 4 musim dimana berbeda dengan di Indonesia yang hanya 2 musim saja. Sebagian besar peternak asing memilih ruangan tertutup/indoor sebagai tempat beternak kenari yorkshire, sehingga yang menjadi acuan pun adalah suhu kamar. Di indonesia kita dapat menerapkan cara beternak yorkshire dengan menggunakan metode suhu kamar/ruangan yang dapat dikondisikan dan diatur suhunya. Suhu rata-rata adalah 20-34 derajat celcius dimana dengan asumsi merupakan suhu ambang batas ketahanan.

Demikian artikel mengenai burung kenari yokser. Semoga bermanfaat

Asal mula burung kenari yokser